Muhammad Yusrinal

Yang Terbaik Diantara Kalian Adalah Yang Mempelajari Al-Qur'an Dan Yang Mengajarkannya

Macam-Macam Syirik Menurut Sebagian Ulama Madzhab Syafi’i

Dr. Muhammad bin Abdurrahman al-Khumais

1. Imam ar-Raghib al-Ishfahani

Beliau berkata, “Syirik yang dilakukan manusia dalam agama ini ada dua macam. Pertama, Syirik besar, yaitu menetapkan adanya sekutu bagi Allah, dan ini merupakan kekafiran yang terbesar. Kedua adalah syirik yang samar dan kemunafikan.”[7]

2. Al-‘Allamah Ali as-Suwaidi Asy-Syafi’i

Beliau berkata, “Ketahuilah bahwa syirik itu adakalanya terjadi di Rububiyah, dan ada kalanya terjadi di Uluhiyah. Yang kedua ini dapat terjadi di dalam I’tiqad, dan juga dapat terjadi di dalam mu’amalah khusus dengan Tuhan.

Syirik yang kedua ini, dimana kemudian timbul syirik ibadah, terbagi menjadi ucapan dan perbuatan. Dan masing-masing dari dua ini, terdapat syirik besar yang tidak terampuni. Pembicaraan kita sekarang adalah tentang syirik besar, dimana Allah mewajibkan kita untuk menjaga diri dari syirik itu. Iman seseorang tidak akan sempurna kecuali setelah ia mengetahui syirik dengan macam-macam dan sebab-sebabnya.

Seorang penyair menyebutkan :

Kukenali kejahatan bukan karena kejahatannya
Melainkan untuk menjaga diri dari kejahatan itu.

Siapa yang tidak dapat membedakan antara kebaikan dan kejahatan
Ia pasti akan terjatuh dalam kejahatan itu.

Untuk menghindari bahaya kemusyrikan ini, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam selalu meminta perlindungan kepada Allah dari kemusyrikan. Padahal beliau adalah orang yang paling mengetahui Allah, dan yang paling takut kepadaNya. Dalam sebuah do’anya, beliau berkata,

“Wahai Allah, saya meminta perlindungan kepadaMu dari perbuatan menyekutukan Engkau dengan sesuatu, sedangkan aku mengetahui hal itu. Dan aku minta perlindungan kepadaMu dengan sesuatu sedangkan aku tidak mengetahui hal itu.”

Dan masih banyak lagi do’a-do’a Nabi Shalallahu alaihi wa sallam yang seperti itu, khususnya seruan-seruan beliau kepada Allah. Sementara Nabi Ibrahim Alaihis salam juga meminta perlindungan kepada Allah dari kemusyrikan. Beliau berkata :

“Dan jauhkanlah aku dan anak cucuku dari menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim : 35)

Anak cucu Nabi Ibrahim adalah para Nabi dan Rasul. Apabila Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam dan Nabi Ibrahim Alaihis salam meminta perlindungan kepada Allah dari perbuatan syirik, dan mereka berdua khawatir melakukan perbuatan itu, padahal kedua orang itu adalah utusan-utusan Allah paling mulia. Maka bagaimana dengan orang-orang yang lain, siapapun dia?

Syirik dalam Rububiyah tidak pernah dilakukan oleh orang kafir mana saja. Tidak ada yang mengatakan, bahwa pencipta alam ini ada dua yang sama wajib adanya, meskipun sebagian orang kafir mengatakan tidak adanya tuhan, seperti yang dilakukan oleh Fir’aun dan lain-lain.

Adapun syirik dalam uluhiyah, maka hal ini bermacam-macam berdasarkan siapa yng disembah. Namun tidak ada seorangpun yang mengatakan, bahwa alam raya ini mempunyai dua tuhan (yang wajib disembah), dimana keduanya sama sebanding, kecuali golongan berhalais (politeis) yang menyembah selain Allah ini, mereka tidak mengatakan tuhan itu banyak, meskipun mereka menyebutkan sembahan-sembahan mereka itu dengan kata alihah (tuhan-tuhan).[8]

Dalam bagian lain, Al-‘Allamah Ali as-Suwaidi Asy-Syafi’i mengatakan : “Kesimpulannya, syirik itu ada dua macam. Syirik dalam Rububiyah, yaitu keyakinan, bahwa bersama Allah ada tuhan lain yang mencipta dan mengatur alam raya ini. Dan syirik dalam Uluhiyah, yaitu berdoa kepada selain Allah, baik do’a itu merupakan do’a ibadah[9] maupun do’a permintaan.

3. Imam Ahmad Ibnu Hajar Ali Bathmi Asy-Syafi’i

Menggarisbawahi apa yang dikatakan Imam Ibnu Taimiyah, Imam Ahmad bin Hajar mengatakan sebagai berikut, Syirik itu ada dua macam; Syirik besar dan syirik kecil. Siapa yang bersih dari kedua syirik itu, ia pasti masuk surga. Siapa yang meninggalkan dunia dan masih melakukan syirik besar, maka ia pasti masuk neraka. Sementara orang yang bersih dari syirik besar, tetapi ia melakukan sebagian syirik-syirik kecil, sedangkan kebajikan-kebajikannya lebih banyak dari dosa-dosanya, maka ia akan masuk surga.

Tetapi orang yang bersih dari dosa-dosa syirik besar, sedangkan dosa-dosanya dari syirik kecil juga banyak, sehingga dosa-dosa keburukannya lebih banyak daripada kebajikannya, maka ia akan masuk neraka. Orang yang melakukan syirik akan dihukum apabila syiriknya termasuk syirik besar, atau syirik kecil tetapi banyak jumlahnya. Sementara orang yang melakukan syirik kecil yang jumlahnya sedikit dibarengi dengan keikhlasan yang banyak, maka ia tidak dikenai hukum apa-apa.

Perbuatan yang termasuk syirik besar adalah sujud[11] dan nadzar kepada selain Allah Ta’ala[12]. Sedangkan yang termasuk syirik kecil adalah riya’[13], bersumpah dengan menyebut selain Allah[14] apabila yang bersangkutan tidak bermaksud mengagungkan makhluk sebagaimana mengagungkan Allah.”[15]

Catatan kaki :

7. Al-Mufradat, hal. 452
8. Al-“iqd ats Tsamin fi Bayan Masail ad-Din, hal. 119-120
9. Dalil bahwa berdo’a kepada selain Allah itu syirik adalah firman Allah Ta’ala :

“Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. Al-Mu’min : 60)

“Dan Aku akan menjauhkan diri darimu dan dari apa yang kamu seru selain Allah, dan Aku akan berdoa kepada Tuhanku, Mudah-mudahan Aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku. Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya'qub. dan masing-masingnya kami angkat menjadi nabi.” (QS. Maryam : 48-49)

Maka do’a merupakan ibadah, dan berdo’a kepada selain Allah adalah menyekutukan Allah dengan yang lain.

10. Al-‘Iqd ats-Tsamin, hal. 123
11. Dalil bahwa sujud kepada selain Allah itu syirik adalah firman Allah Ta’ala :

“Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat), Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal).” (QS. Al-Hijr : 98-99)

Dan sabda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam : “Seandainya aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain selain Allah, maka aku akan menyuruh istri untuk bersujud kepada suaminya.”

12. Dalil nadzar adalah firman Allah Ta’ala :

“Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka dan hendaklah mereka menyempurnakan nadzar-nadzar mereka dan hendaklah mereka melakukan melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (QS. Al-Hajj :29)

13. Dalil riya’ adalah firman Allah Ta’ala :

‘Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An-Nisa : 142)

14. Dalil sumpah dengan menyebut nama selain Allah adalah sabda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam : “Siapa yang bersumpah dengan menyebut selain Allah, maka ia telah menjadi kafir atau musyrik.”

15. Lihat kitab, Tathhir al-Jinan wa al-Arkan ‘an Darn asy-Syirik wa al-Kufran, hal. 38-39

About This Blog

"I dedicate this blog to myself personally and to my brothers the other as an advice that can bring us closer to Allah.

I hope this blog can provide many benefits to humankind, especially to improve the quality of our faith in Allah."

About Me

"I am a Muslim, and I am proud to be a Muslim. I am very grateful to my Lord because He has made me a Muslim. I also gained will always beg Him for he always makes me a Muslim until I meet Him in the wilderness masyhar. I really love my religion, therefore, I will fight for it with gusto. if you are a Muslim and also love your religion, then we will meet in a state of loving. But if you are against me and my religion, then we'll be seeing in the field of jihad. whoever you are!!!"

Total Tayangan Halaman